What is Jonim Musik

Jonim Musik merupakan lembaga berjalur non-formal di Bandung, yang menyediakan kelas musik dengan kegiatan berkelompok untuk batita-balita-anak (usia 6 bulan sampai 6 tahun), serta kelas musik privat anak (usia 6 tahun ke atas) yang menerapkan pola ajar keterlibatan guru-murid-orang tua secara aktif. Di kelas Jonim Musik, musik digunakan sebagai media untuk membina karakter dan potensi anak usia dini.

Pendirian Jonim Musik dicetuskan oleh Prof. Dr. John S. Nimpoeno, seorang pakar psikologi dan grafologi di Indonesia yang mengatakan bahwa “musik dapat dijadikan sarana terapi dan pembelajaran bagi anak sejak usia dini.” Melihat pentingnya pendidikan anak sejak usia dini, Prof. Dr. John S. Nimpoeno memprakarsai Jonim Musik yang lalu direalisasikan oleh Goeti Nimpoeno dan Roy Rondonuwu dengan membentuk kelas Jonim Musik. Nama Jonim sendiri diambil dari singkatan nama John S. Nimpoeno.

Pentingnya pendidikan karakter anak sejak dini untuk membekali anak-anak menjadi pribadi yang siap pada kehidupan selanjutnya.

Menjadi lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terbaik di Indonesia yang berpusat pada pengembangan karakter dan potensi kecerdasan melalui musik.

Menyediakan muatan pembelajaran yang mengintegrasikan pengembangan karakter dan potensi kecerdasan anak melalui musik
– Melaksanakan profesionalitas pembelajaran secara efektif, efisien dan menyenangkan
– Membangun kebersamaan orang tua, guru, dan manajemen dalam mendukung keberhasilan anak
– Mendukung administrasi dan pengadaan sarana bagi kualitas pembelajaran anak

Why Jonim Musik

  1. Musik merupakan bahasa yang mudah diterima oleh semua usia termasuk bayi dan anak.
  2. Musik digunakan sebagai media untuk mengembangkan potensi kecerdasan dan karakter bayi serta anak.
  3. Melibatkan langsung orang tua di dalam proses kegiatan pembelajaran, sehingga perkembangan bayi dan anak lebih terarah.
  4. Metode Jonim Musik terstruktur dan berjenjang, disesuaikan dengan perkembangan usia bayi serta anak.
  5. Kegiatan pembelajaran bersifat kelompok, sehingga bayi dan anak terbiasa untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan bersosialisasi sejak dini.
  6. Pemakaian Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar.

Our Methods

Metoda Jonim Musik tidak hanya memberi penekanan pada proses pendidikan bayi dan anak, tetapi juga proses pendidikan para orang tua dalam mengenal perkembangan bayi dan anak mereka sejak dini. Melalui musik, potensi kecerdasan bayi dan anak berkembang sehingga dapat membantu membentuk pola pikir, sikap, dan tindakan positif mereka.

Metoda-metoda yang diterapkan dalam Kelas Jonim Musik meliputi :

  • Penggunaan berbagai alat musik yang menarik bagi anak-anak, seperti misalnya xylophone, glockenspiel, drum, dan instrumen perkusi untuk mengenal ritme serta melodi dasar, dalam membantu anak menemukan jati diri. (Metoda Orff)
  • Pengenalan konsep ritme, struktur, dan ekspresi musik melalui gerakan. Anak-anak memperoleh kesadaran fisik dan pengalaman musik melalui pelatihan yang dilakukan dengan semua indera, terutama kinestetik. (Metoda Dalcroze)
  • Pengenalan musik lewat pemakaian bahasa tangan solfege, notasi pendek musik, dan solmisasi ritme. (Metode Kodaly)
  • Pengenalan musik sebagai sesuatu yang dapat memperkaya hidup serta karakter moral, dan penyampaian yang dilakukan sedemikian rupa sebagaimana anak-anak mempelajari bahasa ibu mereka. (Metoda Suzuki)
  • Pemakaian perlengkapan, kostum, dan mainan untuk mempelajari konsep musik dasar berupa staf, durasi not, dan kibor piano, serta kegiatan eksplorasi melalui sentuhan. (Metode Carabo-Cone)

Manfaat Musik bagi batita dan balita

Musik yang dipelajari anak-anak tidak melulu menggiring mereka untuk akhirnya menjadi pemusik. Musik merupakan media dan saluran yang mudah diterima oleh siapa pun, bahkan bayi secara pasif dapat meresapi, mengikuti irama musik, serta merekamnya di bawah sadar.

Kecerdasan Majemuk (Howard Gardner)

Howard Gardner dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: Teori Multiple Intelligences tahun 1983 mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah, serta menciptakan produk yang bernilai dalam suatu budaya. Ada delapan jenis kecerdasan, yaitu:

TESTIMONIALS

Our Team

Founder & Teacher

GOETI NIMPOENO-RONDONUWU

Pengajar musik yang mengkhususkan pada metode pengajaran untuk anak balita-batita.
Debut pengajaran anak dimulainya sejak usia muda melalui pengajaran privat. Pada tahun 1991-1997 bergabung dengan BRAGA MUSIC SCHOOL mengajar serta mengembangkan pengajaran dengan metode TECHNICS untuk kelas kelompok anak usia 4-6 th, Ia mengajar piano privat anak-anak dengan metode ABRSM sejak 1997. Pernah bergabung dengan STUDIO MUSIK MELODIA selama 17 tahun mengajar serta mengembangkan pengajaran dengan metode ALFRED untuk kelas kelompok anak usia 4-6 th.
Pada tahun 2007, ia mulai mengembangkan metode pengajaran kelas berkelompok untuk anak usia dini 2-3 th dengan metode dasar SUZUKI. Sejak tahun 2009 sampai sekarang ia mengolah kembali metode pengajaran kelas berkelompok dengan spesifikasi usia 6bln-2th, 2th-3th, 3th-4th dan 4th-6th.
Ia mengembangkan Metode Pengajaran kelas Batita-Balita di Kelas Jonim Musik sejak 2012. Pada tahun 2014 bekerja sama dengan RUMAH MONTESSORI Jakarta, mengintegrasikan pendidikan musik anak dalam kurikulum berbasis Montessori. Saat ini sedang mengembangkan metode pengajaran musik untuk bayi usia 0-10 bln.

Founder

ROY ROBERT RONDONUWU

Seorang pecinta musik yang menaruh perhatian khusus pada bidang pendidikan dan memprakarsai berdirinya Kelas Jonim Musik. Mendapatkan panggilan hati untuk memajukan pendidikan anak sejak dini melalui musik.
Ia merancang serta mengembangkan sistem pendidikan Kelas Jonim Musik. Memiliki banyak peran seperti menciptakan materi-materi musik, mengorganisir berbagai kegiatan dan penampilan, memfasilitasi materi kebutuhan pendidikan serta menyelenggarakan acara-acara parenting bagi para orang tua siswa di Kelas Jonim Musik.
Latar belakang musiknya diperoleh dari hobi yang dimulainya sejak muda dalam berbagai kegiatan Paduan Suara / Vocal Group dan group Band. Ia pernah menjadi pelatih Paduan Suara / Vocal Group SMP V- Bdg, SMP XIII-Bdg, SMA ST. Angela-Bdg, SMAN I - Bdg, Univ Padjadjaran - Bdg, Univ. Langlangbuana - Bdg, Gereja Maranatha Bdg. Pernah menjadi dirigen Group Paduan Suara Univ Padjadjaran Bandung, anggota group Paduan Suara Mahasiswa Aberyswyth, Wales - UK. Mengikuti Komunitas Group Monticeli dan Komunitas Group Remy Silado.

CO-FOUNDER & TEACHER

FIOLA CHRISTINA

Selain mengajar biola, ia fokus dalam pengembangan strategi pemasaran serta sistem pendidikan dan kurikulum Jonim Musik.
Mulai belajar dan mengenal musik semenjak umur tiga tahun. Pada awalnya menekuni piano klasik lalu pada tahun 2006 mulai fokus untuk bermain biola. Pernah belajar biola di bawah bimbingan Agus Firmansyah, Alm. Adhidharma Widjaja dan Tomislav Dimov. Meraih predikat High Distinction pada ujian biola ABRSM grade 3, 5, dan 6. Pada tahun 2007-2012 aktif mengikuti berbagai master class dan program Bandung Music Camp (2008,2009, 2011, 2012), dan International Interharmony Music International Music Festival (Germany, 2011) sampai akhirnya memutuskan untuk fokus menyelesaikan pendidikan S1 di Arsitektur ITB.
Pernah bermain dengan beberapa orkestra seperti Jakarta Sinfonietta (Iswargia R. Sudarno), ASEAN-Russia Youth Symphony Orchestra (Alexander Polishchuk & Singgih Sanjaya), Twilite Youth Orchestra (Eric Awuy), Orkes Sinfoni Nasional Indonesia (Jap Tji Kien), ITB Student Orchestra (ISO), InterHarmony Festival Orchestra (Andrzej Grabiec), serta Williamsport Area High School (WAHS) Concert Orchestra (Jeffrey M. Tedford) & WAHS Strolling Strings saat mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika tahun 2006-2007. Saat ini tergabung dengan Anime String Orchestra Bandung (Haryo Jose S.).

Infant & Toddler Teachers

Profila Habani

Edhita Paradevi

Sarce Tefa

Sarah Davina

Trianne Sukmaanthoneta

Steffina Manginte

Laurin Marlena

Natasha Florence

Private Lesson Teachers

Sari R.A. Badudu

Danny Harida

Alda Amelinda

Anindya Belva