About Jonim Musik

Program

Our Blog

  • View

    Ibu Goeti adalah guru di kelas Jonim Musik sekaligus sosok yang mengembangkan metode pembelajaran Kelas Jonim. Musik Perjalanannya sejak tahun 2012 dalam mengembangkan Kelas Jonim Musik tidaklah mudah. Namun, setiap melihat perkembangan anak di kelas, Ibu Goeti selalu termotivasi dan bersemangat untuk terus mengembangkan Kelas Jonim Musik.

     

     

     

     

    Ini adalah Rakesh, salah satu murid angkatan pertama kelas Jonim Musik. Meski umur Rakesh saat itu masih 15 bulan, ia sudah dapat memukul kendang sesuai dengan irama musik. Setiap melihat video ini, Ibu Goeti selalu tersenyum bahagia.

     

    Kelas Jonim Musik

    Jika Bunda dan Ayah belum tahu tentang Jonim Musik, Jonim Musik adalah lembaga pendidikan non-formal di Bandung yang menyediakan kelas musik berkelompok untuk bayi dan anak dari usia 8 bulan sampai 6 tahun, serta kelas musik privat anak berusia >6 tahun. Tujuan Jonim Musik adalah mengembangkan potensi kecerdasan serta karakter anak sejak usia dini melalui musik.

     

    Konser Bayi dan Anak Jonim Musik di IFI Bandung

     

    Bagaimana caranya bayi bisa bermain musik?

    Itu adalah pertanyaan yang sering kami dapatkan dari para orang tua yang berminat untuk mengikuti Kelas Jonim Musik. Di Kelas Jonim Musik, bayi dan anak akan belajar memainkan berbagai alat-alat musik. Alat-alat musik yang digunakan disesuaikan dengan perkembangan kelompok usia dan kemampuan bayi dan anak.

     

    ibu dan bayi konser musik di jonim musik

     

    Mengapa menggunakan musik untuk pembelajaran anak usia dini?

    Banyak juga orang tua yang bertanya mengapa kami menggunakan musik dalam pembelajaran di kelas. Musik merupakan media dan saluran yang mudah diterima siapa pun. Bahkan bayi dan anak secara pasif mampu meresapi, mengikuti, serta merekam irama musik di bawah sadar.

     

    bayi di kelas bintang jonim musik

     

    Musik untuk menstimulasi karakter dan kecerdasan majemuk anak

    Ibu Goeti sudah berpuluh-puluh tahun fokus mengajarkan anak-anak musik, khususnya piano. Dalam perjalanannya mengajar, ia menyadari bahwa musik dapat menjadi media yang mampu menstimulus perkembangan karakter dan kecerdasan majemuk anak.

     

    kelas kelompok anak di garasi awal jonim musik

    Jonim Musik berusaha mengolah dan memadukan berbagai pendekatan pengajaran untuk menemukan metode pengajaran musik yang dapat mengembangkan kecerdasan majemuk anak. Kecerdasan majemuk tersebut meliputi sembilan jenis kecerdasan yang dikategorikan oleh Howard Gardner.

     

    Metode Jonim Musik terstruktur dan berjenjang

    Kelas Jonim Musik dibagi menjadi enam kelas berdasarkan perkembangan usia dan kemampuan anak. Anak-anak belajar secara bertahap dan berkelompok. Materi pembelajaran di masing-masing kelas saling terkait dan alat musik yang digunakan disesuaikan dengan perkembangan usia dan kemampuan anak.

     

    konser bayi kelas bintang jonim musik

     

    Tidak semua anak tumbuh untuk menjadi seorang musisi

    Meski pun di Kelas Jonim Musik bayi dan anak belajar memainkan alat musik, kami tidak memaksa mereka untuk tumbuh menjadi seorang musisi handal. Setiap anak memiliki potensi yang berbeda dan musik dapat menstimulasi potensi yang dimiliki mereka.

     

    ibu dan anak belajar di kelas jonim musik

     

    Peran orang tua sangatlah penting

    Kelas Jonim Musik menerapkan pola ajar keterlibatan guru-murid-orang tua secara aktif. Ayah dan Bunda memiliki peran penting dalam perkembangan anak dengan menemani serta membimbing mereka di kelas. Sedangkan para guru hanya bertindak sebagai fasilitator.

     

    Kami harap Kelas Jonim Musik tidak hanya membantu anak-anak untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal, tapi juga meningkatkan hubungan antara Ayah dan Bunda dengan buah hati tercinta.

     

    hubungan bayi dan orang tua di kelas jonim musik

     

    Apakah Ayah dan Bunda punya cerita atau pengalaman menarik seputar memanfaatkan musik sebagai media pembelajaran buah hati tercinta? Ayo tuliskan pendapat atau ide-ide yang Ayah dan Bunda miliki di kolom komentar di bawah ini!

     

    Jangan lupa untuk follow Instagram dan Facebook kami untuk mengikuti berita dan informasi terkini tentang Kelas Jonim Musik. Ayah dan Bunda juga dapat berlangganan (masukan e-mail di kolom follow by e-mail) agar tidak melewatkan artikel-artikel terbaru Jurnal Jonim Musik.

  • View
    Jurnal Jonim Musik
    Tuesday 9 April 2019

    Halo Ayah dan Bunda!

    Kami punya banyak sekali cerita, pengalaman, serta pengetahuan berharga yang kami dapatkan dari mengembangkan Kelas Jonim Musik sejak tahun 2012. Rasanya sayang sekali jika hal-hal berharga tersebut hanya kami simpan sendiri. Akhirnya kami memutuskan untuk membagikan cerita, pengalaman, dan pengetahuan yang kami miliki melalui blog Jurnal Jonim Musik!

     

     

    Ayah dan Bunda dapat menemukan berbagai artikel-artikel menarik dan bermanfaat bukan hanya tentang Jonim Musik saja, tapi juga semua yang terkait dengan musik dan perkembangan anak usia dini.

     

    Kami juga akan menampilkan cerita melalui berbagai sudut pandang! Mulai dari pandangan guru, orang tua, ahli/pakar, sampai pandangan anak sendiri, tentang pengalaman, pendapat, dan pengetahuan yang mereka miliki seputar pendidikan dan perkembangan anak-anak, khususnya di usia dini.

     

    hubungan bayi dan orang tua di kelas jonim musik

     

    Kami mengelompokan artikel-artikel Jurnal Jonim Musik ke dalam empat kategori, yaitu:

    1. Jonim Musik, semua artikel tentang Kelas Jonim Musik

    2. Cerita Kita, semua cerita tentang pengalaman, pendapat, dan pengetahuan dari berbagai sudut pandang seputar pendidikan dan anak usia dini

    3. Musik, Bayi, dan Anak, semua artikel tentang musik, bayi, dan anak

    4. Podcast, siaran oleh Ibu Goeti, Pak Roy, dan Kak Fiola, para Co-Founder Jonim Musik, dengan topik seputar Jonim Musik, pendidikan, musik, dan anak usia dini

     

    Kami harap Jurnal Jonim Musik dapat menjadi wadah untuk saling berbagi. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi kita semua yang sama-sama ingin mengembangkan pendidikan dan potensi karakter serta kecerdasan anak-anak sejak usia dini!

     

    Untuk mengetahui sekilas tentang Kelas Jonim Musik, Ayah dan Bunda dapat membaca “Memanfaatkan Musik untuk Mengembangkan Potensi Anak Sejak Usia Dini di Kelas Jonim Musik.”

     

    ibu goeti mengajar kelas musik kelompok anak jonim musik

     

    Jangan lupa untuk follow Instagram dan Facebook kami untuk mengikuti berita dan informasi terkini tentang Kelas Jonim Musik. Ayah dan Bunda juga dapat berlangganan (masukan e-mail di bawah kolom Follow by E-mail) agar tidak melewatkan artikel-artikel terbaru Jurnal Jonim Musik.

     

    Topik apa yang Ayah dan Bunda inginkan untuk tampil di Jurnal Jonim Musik? Ayo tuliskan pendapat atau ide-ide yang Ayah dan Bunda miliki di kolom komentar di bawah ini!

ASK US