It’s Jonim Musik (Article By Rumah Montessori)



Well haloo.. Ini juga merupakan janji saya untuk membagi dan memposting pengalaman yang selain dari montessori *walau ada hubungannya juga sih..hehe.
Semua rasa dan kesan bercampur aduk antara happy bingiits..terinspirasi..merasa beruntung dan juga salut dicampur aduk dan di mix bagai adonan kue yang enak untuk mengungkapkan pengalaman berharga yang satu ini..

 

Pertemuan awal dimulai dari ikut sertanya seorang Ibu Goeti Rondonuwu di kelas pelatihan montessori program liburan bulan Juni 2014 *duh udah lumayan lama atuh yah..

 

Ternyata ibu yang satu ini adalah pengajar musik dari mulai level baby class (10 bulan)sampai anak 15 tahun.. Tambahan : seorang dosen sastra pula.. Hihi.. Ada apa ini sangkut pautnya dengan ilmu kePAUDan? Ya nyambung banget lah ternyata..beliau kan menyelenggarakan baby music class..dari usia bayi lho.. Kebayang gak tuh apa yang diajarkan? Saya sih belum kebayang sebelum dijelaskan panjang lebar plus dapet kesempatan untuk observasi kelas musiknya di Bandung..

 

Wahai para pembaca..kagum aja saya dengan tahapan sekolah musik Jonim Musik ini.. Untuk kelas bayi sampai remaja tidak terlepas dengan pemberian materi sesuai dengan tahapan tumbuh kembangnya.. Baguus banget konsepnya.. Yang bikin gak bagus cuma satu : Kenapa adanya di Bandung? Hahaha.. Kalau deket di BSD akan sangat menyenangkan sekali..

 

Jadi saat usia bayi, anak-anak yang masih belum disapih menyusuinya itu ditemani orang tuanya di kelas.. Fondasi awal yang dibentuk selalu sama dimana-mana, yaitu : percaya diri dan keteraturan (It sounds familiar in Montessori, right?) dan di semua lini pendidikan usia dini..

 

Banyak support, banyak pujian dan banyak latihan motorik serta sensori di kelas ini.. Adanya pentas di tempat umum untuk unjuk penampilan para anak usia dini pun dimulai dari bayi yang ditemani orang tuanya ternyata mengajarkan banyak tentang percaya diri keduabelah pihak : si anak dan orangtua..
Semua kemasan nyanyian, musik dan gerakan pun betul-betul disesuaikan dengan tahapan perkembangan masing-masing anak. Dari mulai hanya latihan menekan, menggelindingkan bola, memegang alat musik pukul sampai mengingat ketukan, instruksi, dan pengenalan alat musik sederhana untuk mempersiapkan motorik untuk mengoperasikan alat musik dan kepekaan auditorinya terhadap ritme dan nada untuk lebih jauhnya.

 

Yang paling menarik bagi saya memang kelas usia di bawah 2 tahun, betapa disini Bu Goeti dengan detail mensupport semua yang sedang dibutuhkan untuk anak usia di bawah 2 tahun untuk kenal dengan musik.

 

Adanya orang tua di samping anak usia ini¬†fungsinya bukan hanya sekadar mendampingi tapi lebih kepada membawa spirit mencintai musik dan menularkannya dengan mudah kepada anak serta memberi arahan dengan contoh perilaku – bukan sekedar perintah komando satu arah * but they did it together (saat harus joget ya joget juga ortunya.. saat harus bergerak bak anak kecil ya seperti itu pula lah mereka lakukan) — dan ini adalah momen penting yang selalu dinanti sang buah hati untuk selalu bisa bersama..melakukan tanpa ada rasa malu.

Catatan penting : mohon dinikmati momen-momen ‘fun’ bersama ini dengan buah hati kecil kita ya.. Waktu berlalu begitu cepat. Suatu hari nanti udah gak lucu lagi main bersama se-happy ini bareng mereka.. Mereka juga udah ogah joget-joget dan lompat-lompat ikuti irama sederhana :’)

 

Dan hal ini memudahkan orang tua untuk mengajak anak usia dini cinta pada musik, karena hal yang terpenting dari momen ini adalah : orangtua mengalirkan energi positif tentang musik dan irama kepada anak-anaknya dengan sepenuh hati.

 

Tapi ada yang lebih penting dari semua itu, dasar yang sangat krusial untuk dibangun untuk anak telah dilakukan disini, yaitu membuat anak merasa berharga di mata orangtuanya..

 

Life should be balance.. Dan salah satunya dengan musik lah keseimbangan hidup akan kita dapatkan.

 

Ayo.. Yang mau belajar banyak tentang cara mengajar musik anak usia dini atau mau kenalkan musik bagi buah hatinya sedini mungkin, Ibu yang ramah dan baik hati ini sangat senang berbagi ilmunya.. Kontak beliau di Bandung yaa.. Jl. Bukit Dago Selatan 31 Bandung.

 

 

Source: Rumah Montessori

http://rumah-montessori.blogspot.co.id/2015/02/its-jonim-musik.html