Mengenal Alat Musik Piano

Thursday 9 April 2020



“Hidup itu seperti piano. Apa yang Anda dapatkan tergantung pada bagaimana Anda memainkannya. ” -Tom Lehrer

 

Episode 1: Mau Dengar Suara Piano? 

Di episode pertama kali ini, kita akan berkenalan dengan alat musik piano yang akan dimainkan oleh Ibu @goeti! Ibu Goeti juga punya pesan untuk adik-adik yang sedang #dirumahaja.⠀

 

 

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jonim Musik (@jonimmusik) on

 

Untuk semua yang belum tahu, Ibu Goeti adalah mama saya sekaligus pendiri kelas bayi dan anak Jonim Musik. Sudah lebih dari 20 tahun Ibu Goeti fokus mengajar piano untuk anak-anak. Sampai saat ini, ia masih berdedikasi untuk mengajar piano serta mengembangkan kurikulum Jonim Musik. Untuk lebih lengkap ceritanya bisa membaca “Dari Keluarga untuk Keluarga.”

 

Piano: alat musik paling populer

Piano adalah salah satu alat musik dari barat yang paling populer diketahui semua orang. Alat musik ini biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk belajar alat musik pertama kalinya. Kenapa ya?

 

1. Mudah untuk dimainkan dengan segera

Alat musik piano dapat dimainkan segera oleh semua orang, bahkan bayi sekali pun. Ketika kita menekan tuts piano bisa langsung terdengar suaranya dengan enak. Tidak seperti instrumen lainnya yang harus di-stem (diatur nadanya) terlebih dahulu sebelum dimainkan atau mempelajari teknik-teknik tertentu untuk menghasilkan suara yang indah dan tidak sumbang.

 

konser piano anak murid jonim musik

 

 

2. Dapat memainkan bagian melodi sekaligus iringan dalam musik

Tidak semua alat musik dapat memainkan bagian melodi sekaligus iringan dalam waktu bersamaan. Bahkan, kita bisa memainkan aransemen lagu yang dimainkan oleh sebuah orkestra (dengan lebih dari 10 alat musik) dengan piano!

 

Di bawah ini merupakan video pemain biola terkenal Ray Chen memainkan Mendelssohn Violin Concerto in E minor diiringi oleh orkestra.

 

 

Sedangkan berikut adalah video pemain biola Ji-Won Song memainkan lagu yang sama diiringi oleh pianis Hui-Chuan Chen.

 

 

Ketika bermain piano, kita dapat merasa memainkan lagu secara utuh. Maksud utuh disini adalah jika kita memainkan alat musik yang hanya memainkan bagian melodi seperti biola, akan terasa bahwa kita memerlukan sebuah iringan yang memainkan akor-akor.

 

 

3. Dapat membantu mempelajari dasar musik dengan lebih mudah

Karena piano dapat langsung segera dimainkan, anak-anak dapat belajar serta mengerti dasar-dasar musik (seperti tangga nada, akor, interval, dll.) dengan lebih mudah sambil mendengar serta memainkan alat musik. Anak-anak juga langsung membaca partitur dalam 2 kunci yang berbeda, kunci G dan kunci F (treble & bass clef). Salah satu alasan pertama saya memilih biola adalah karena saya hanya perlu membaca satu kunci.

 

kursus les privat piano anak jonim musik bandung

 

Ketika sudah mengenal dan mengerti konsep-konsep dasar musik, anak-anak dengan lebih mudah dapat berganti ke instrumen lain. Seperti saya dulu, setelah belajar piano, saya dapat langsung belajar biola serta fokus kepada teknik biola karena saya sudah memiliki modal kemampuan membaca partitur serta mengetahui teori dasar musik lainnya.

 

4. Pemeliharaan alat musik piano cenderung lebih sederhana

Piano tidak perlu di-stem setiap hari, hanya perlu beberapa kali dalam satu tahun tergantung dengan frekuensi penggunaan. Piano digital bahkan tidak akan perlu di-stem sama sekali. Pada umumnya piano dapat bertahan sangat lama sampai harus mengganti suku cadangnya, tidak seperti gitar atau biola yang perlu mengganti senar secara cukup sering.

 

 

Meski piano merupakan alat musik yang cenderung mudah untuk langsung dimainkan, terdapat banyak kompleksitas ketika bermain piano, seperti membaca banyak not nada dalam waktu bersamaan atau menghasilkan beragam tekstur atau warna suara tertentu. Meskipun demikian, kita perlu untuk mengingat bahwa hal yang terpenting adalah membuat anak suka dengan musik dan dapat merasakan bahwa ketekunannya bisa membawakan hasil yang baik!

 

Khatia Buniatishvili adalah salah satu pianis dunia yang terkenal saat ini, juga merupakan salah satu pianis favorit saya. Berikut cuplikan video ia memainkan Waltz Nocturne lagu Chopin.

 

Semoga sedikit penjelasan dan gambaran umum tentang piano dapat membantu Mama, Papa, mau pun buah hati tercinta untuk lebih mengetahui tentang alat musik piano. Jika ada yang ingin ditanyakan dan memiliki ide-ide tentang konten yang dapat saya tulis, bisa langsung memberikan komentar di kolom bagian bawah atau pun mengontak saya lewat e-mail Jonim Musik.

 

Salam hangat,
Fiola


Facebook
Twitter
LinkedIn

BACA ARTIKEL LAIN

Mengenal Alat Musik Tin Whistle
Wednesday 22 April 2020
Mengenal Alat Musik Piano
Thursday 9 April 2020
Mau Dengar Suaranya?
Thursday 9 April 2020
Dari Keluarga untuk Keluarga
Tuesday 25 February 2020

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of